Knowledge Base Help Center
Table of Contents
< All Topics
Print

Sekilas Sejarah Marga Tionghoa

Sejarah semua marga Cina sangatlah kaya dan kompleks karena Tiongkok memiliki sejarah yang panjang dan beragam budaya. Di bawah ini adalah ringkasan singkat sejarah beberapa marga Cina yang cukup terkenal:

  1. Wang (王): Marga Wang adalah salah satu marga Cina yang paling umum. Marga ini sering diasosiasikan dengan kerajaan-kerajaan kuno Tiongkok, dan banyak tokoh sejarah terkenal yang memiliki marga ini.
  2. Li (李): Marga Li juga sangat umum, dan nama Li Shimin, yang dikenal sebagai Kaisar Taizong dari Dinasti Tang, adalah salah satu figur paling terkenal yang berasal dari marga ini.
  3. Zhang (张): Marga Zhang adalah salah satu marga terbanyak di Tiongkok. Marga ini memiliki sejarah yang panjang dan terkait dengan banyak tokoh sejarah dan budaya Tiongkok.
  4. Chen (陈): Marga Chen memiliki asal usul yang bisa ditelusuri hingga Dinasti Chen, yang merupakan salah satu dari Enam Dinasti Timur dan Enam Dinasti Utara dalam sejarah Tiongkok.
  5. Liu (刘): Marga Liu terkenal karena banyak tokoh terkenal dengan nama belakang Liu, termasuk Liu Bei dari Zaman Tiga Kerajaan dan Liu Bang, pendiri Dinasti Han.
  6. Huang (黄): Marga Huang adalah salah satu marga kuno di Tiongkok dan sering dihubungkan dengan legenda seperti Kaisar Kuning, salah satu kaisar legendaris Tiongkok.
  7. Lin (林): Marga Lin umumnya terkait dengan budaya Hakka, salah satu kelompok etnis di Tiongkok dengan sejarah dan budaya yang unik.
  8. Wu (吴): Marga Wu sering dihubungkan dengan wilayah Wu, yang memiliki sejarah penting dalam sejarah Tiongkok, terutama selama Zaman Negara-negara Berperang.
  9. Yang (杨): Marga Yang adalah salah satu marga yang cukup umum dan berasal dari karakter dalam bahasa Tionghoa yang berarti “pohon cemara.”
  10. Zhao (赵): Marga Zhao memiliki sejarah yang panjang dan terkait dengan Dinasti Zhao pada masa Negara-negara Berperang dan Dinasti Qing.

Perlu diingat bahwa ini hanya sejumlah kecil dari marga-marga Cina yang ada, dan masing-masing marga memiliki sejarah yang lebih kaya dan beragam lagi. Selain itu, Tiongkok memiliki banyak kelompok etnis dengan marga-marga yang berbeda-beda, sehingga sejarah marga dapat sangat bervariasi di seluruh Tiongkok.