Knowledge Base Help Center
Table of Contents
< All Topics
Print

Kuliner Tionghua

Hidangan dari Republik Rakyat Tiongkok, suatu kawasan yang sangat luas dan terdiri dari berbagai variasi. Hidangan Tiongkok dapat juga diistilahkan dengan istilah Hidangan Tionghoa, meskipun istilah Hidangan Tionghoa agak dipersempit menjadi hidangan khas orang Han.

Kuliner Tiongkok yang otentik, memiliki 5 unsur utama sebagai bahan:

1. Lemak babi (zhu you 猪油)

Setelah diolah dengan benar, lemak babi akan berwarna putih salju dan menyerupai minyak kelapa, dan disebut dengan xue bai (雪白). Hampir di semua sub etnis di Tiongkok, lemak babi ini digunakan sebagai minyak sayur.

2. Bubuk lima rempah (wu xiang fen 五香粉)

“Lima” dalam lima bubuk rempah ini mengacu pada apa yang dianggap orang Tiongkok sebagai rasa utama: pedas (la 辣), manis (tian 甜), masam (suan 酸), pahit (ku 苦), asin (xian 咸).

Walaupun disebut dengan bubuk lima rempah, namun berbeda dengan namanya, bubuk lima rempah ini justru bisa mengandung banyak sekali bahan, termasuk: Adas bintang (ba jiao 八角), cengkeh (ding xiang 丁香), kayu manis (rou gui 肉桂), Lada Sichuan (hua jiao 花椒), biji adas (xiao hui xiang 小 茴香), jahe (jiang 姜), kapulaga (dou kou 豆蔻).

3. Kacang fermentasi (豆瓣酱 dou ban jiang)

Pasta kacang yang lengket dan terbentuk dari kedelai fermentasi ini digunakan sebagai penyedap untuk tumis, hidangan yang direbus, dan memberi rasa gurih pada kuliner Tiongkok.

4. Minyak wijen (芝麻油 zhi ma you)

Minyak wijen bermanfaat untuk memberi karakter rasa yang kuat ke dalam kuliner Tiongkok. Bagi bangsa Tiongkok, sejak dulu minyak wijen juga digunakan karena manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan.

5. Minyak cabai merah (辣椒油 la jiao you)

Kuliner Tiongkok yang otentik rasanya tidak lengkap tanpa minyak cabai merah. Minyak cabai merah ini dibuat dengan mencampurkan minyak kacang dengan lada merah kering melalui proses penggorengan secara cepat.