Knowledge Base Help Center
Table of Contents
< All Topics
Print

Hoakiau di Indonesia

Buku Hoakiau di Indonesia karya Pramoedya Ananta Toer pernah diterbitkan sebanyak 10 ribu eksemplar pada tahun 1960 (zaman Orde Lama).

Buku ini adalah suatu pembelaan untuk orang Tionghoa Indonesia yang ditulis pada waktu mereka diserang oleh kaum nasionalis Indonesia. Selain itu, buku ini merupakan tanggapannya atas pengejaran bengis terhadap orang Tionghoa yang dilancarkan oleh angkatan darat tahun 1959–1960. Periode ini adalah titik puncak dari rasisme anti Tionghoa sejak 1956.

Buku ini akhirnya dilarang oleh Komando Tertinggi Militer Peperangan. Pram dipenjara tanpa surat penangkapan. Ia didakwa sebagai “Orang yang menjual Indonesia pada Tiongkok dengan buku”.

Buku ini diterbitkan lagi bulan Oktober tahun 1998, habis Orba, tak lama setelah Peristiwa Mei 1998.

Menurut Sinolog Mely G. Tan, buku ini adalah karya yang efektif dari jurnalisme yang argumentatif yang menggambarkan pandangan yang telah terbuka dari sekelompok kecil kaum cendekiawan yang cerdas (sophisticated)

Versi awal buku diterbitkan oleh Bintang Press tahun 1960, Jakarta.

Referensi :

Golongan Etnis Tionghoa di Indonesia – Suatu Masalah Pembinaan Kesatuan Bangsa. Editor Mely G. Tan. Gramedia. Jakarta (1979). Hal 28