Knowledge Base Help Center
Table of Contents
< All Topics
Print

Cap Cai

Cap Cai adalah nama hidangan Tionghoa yang populer. Menurut informasi yang saya baca dari buku Silang Budaya Tiongkok Indonesia, karya Prof. Kong Yuanzhi, capcay (capcai) ditulis dengan hanzi 杂菜 berarti masakan Tionghoa yang terdiri dari sayur ditambah bakso, bunga tahu, udang, dan sebagainya dan diberi bumbu.

Mengandung kata bahasa Hokkien, cap  (arti: bermacam-macam; campur) yang dapat disimpulkan berarti masakan ini dibuat dari berbagai macam bahan. Capcai merupakan hidangan yang sangat mudah dibuat dan kini bisa ditemukan di mana saja, misalnya di restoran bahkan di warteg.

Hidangan ini diperkirakan dibuat oleh masyarakat Tionghoa Peranakan di Asia Tenggara, sebab di Tiongkok tidak ada hidangan bernama capcai. Kalau di Indonesia sering disebut capcai, di Malaysia atau Singapura ada Peranakan Chap Chai atau Nyonya Chap Chai. Sementara di Amerika sana tumis sayuran campur seperti ini dinamakan chopsuey, dari bahasa Kanton 杂碎 (zaap6 seoi3).

Ada beberapa jenis capcai, versi yang paling terkenal adalah berkuah atau yang ditumis, disantap bersama nasi (chap chai png).